Penyebab Terkena Stroke Pada Usia Muda

Banyak orang pasti berpikiran kalau penyakit stroke hanya bisa menyerang mereka yang sudah lanjut usia, jika salah satu itu anda, maka anda sudah salah dalam hal ini.

Penyakit tidaklah mengenal usia dan siapa saja bisa terkena nya, pada usia muda pria lebih mudah terserang stroke di bandingkan dengan wanita, kenapa begitu? karena pada usia muda tubuh wanita masih  memproduksi  hormon ekstrogen degnan alami, dimana hormon tersebut bermanfaat untuk menjaga dinding pembuluh darah menjadi lebih baik.

Namun pada wanita lansia, setelah wanita mengalami menopause, kadar hormon ekstrogen tersebut perlahan menjadi berkurang dan membuat wanita dan pria memiliki resiko stroke yang sama besar.

Umumnya penyakit stroke yang menyerang mereka yang lansia di sebabkan oleh kolestrol, hipertensi, dan diabetes, namun stroke yang terjadi pada mereka yang masih usia muda tidak lah di sebabkan oleh hal tersebut.

Penyebab stroke pada usia muda

Jika di minta untuk memilih pastinya semua orang tidak mau sakit, namun semua itu tidak lah bisa kita yang menentukannya, kita hanya bisa menjaganya agar tidak terkenanya. berikut adalah beberapa penyebab stroke pada usia muda.

  1. Kelainan pada jantung
    Penyebab pertama stroke pada usia muda adalah kelainan pada jantung, seperti katup jantung yang bermasalah, sekat jantung yang bocor, atau kelainan jantung yang di bawa sejak lahir.

    Mereka yang memiliki kelainan jantung pastinya pemompaan pada jantung akan terganggu, hal ini membuat darah yang di pompa oleh jantung tersebut tersisa di jantung. Lama kelamaan dara yang tersisa akan menggumpal dan kondisi ini dapat membuat resiko stroke lebih tinggi, karena gumpalan darah tersebut berpotensi keluar dan menuju ke otak sehingga terjadi penyumbatan aliran pembuluh darah di otak.

  2. Penyumbatan pembuluh darah
    pembuluh darah di dalam tubuh tidak dapat di hitung lagi, penyebab stroke yang dapat terjadi pada usia muda karena Takayasu dan Moyamoya.

    Takayasu adalah kondisi penyempitan pembuluh darah pada otak yang menyebabkan aliran darah menjadi buntu, kemudian Moyamoya adalah pembuluh darah padah area leher yang menuju ke otak menyempit. Jika salah satu ini terjadi pada mereka yang usia muda maka mereka memiliki resiko stroke yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *