Cara mencegah Hipertensi atau Darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana kesehatan yang sudah biasa terjadi. Hingga, kasus tekanan darah tinggi yang terus tampak adanya peningkatan pada tahun ke tahun. Dari data riskesdan dari kementerian kesehtan indonesia, bila jumlah kasus hipertensi di tahun 2018 mencapai hingga 34,1% di indonesia, padahalnya di tahun 2013 jumlah dari kasus baru saja mencapai 25,8%. Drai data tersebut telah tunjukkan bahwa dalam pencegahan hipertensi masih cukup sulit untuk dilakukan.

Sebenarnya, pencegahan terhadap hipertensi sangat perlu untuk dilakukan. Sebab, kondisi kesehatan yang satu ini dapat sebabkan komplikasi hipertensi yang sangat serius, walaupun tidak mempunyai gejala atau tanda tekanan darah tinggi yang khusus. Namun, bagaimana cara untuk bisa dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi tersebut?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi pada saat aliran darah mendorongkan pembuluh darah arteri dengan kuat. Kondisi tersebut dapat terjadi disebabkan berbagai macam hal. Akan tetapi, sebagian besar dari faktor penyebab dan risiko hipertensi, yakni menerapkan gaya hidup atau pola hidup yang tidak sehat.

Berikut ini merupakan beberapa cara agar dapat mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi:

1. Konsumsi makanan yang bernutrisi serta sehat

Pencegahan terhadap tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dengan cara konsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh serta makanan yang sehat. Agar bisa memenuhinya, kalian bisa mencoba untuk mengikuti panduan diet DASH. Bukan hanya bagi penderita tekanan darah tinggi, diet DASH juga dapat kalian terapkan supaya mencegah naiknya hipertensi pada masa mendatang. Sebab, dengan bertambahnya usia, tekanan darah pada seseorang biasanya cenderung akan naik walaupun tidak mempunyai riwayat hipertensi.

2. Kurangi asupan garam

Asupan natrium atau garam yang terlalu tinggi pada dalam tubuh kalian merupakan salah satu penyebab terjadinya hipertensi. Semakin banyaknya asupan garam yang masuk ke dalam tubuh, semakin tinggi juga risiko kalian mengalami hipertensi.

Selain dari garam meja atau garam dapur, makanan yang mempunyai kandungan natrium yang tinggi juga terdapat di dalam makanan cepat saji, makanan ringan, makanan yang diawetkan atau makanan beku, makanan olahan, makanan kemasan, serta makanan kaleng. Dengan begitu kalian perlu untuk hindari makanan itu agar bisa mencegah terjadinya hipertensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *