Dibalik Aroma Yang Sangat Menyengat, Ini Manfaat Dari Petai

Parkia Speciosa atau petai, adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam family polong-polongan atau fabacacea. Petai ini sangat sering ditambahkan ke dalam masakan buat menambah cita rasa makanan. Petai juga biasanya dijadikan menjadi lalapan atau sambal.

Tetapi, beberapa orang mungkin tak menyukai petai dikarenakan baunya yang menyengat dan khas. Tapi tahukah kalian kalau di balik bau menyengat yang di hasilkan oleh petai, ternyata petai ini mempunyai banyak manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat dari petai yang perlu kalian ketahui.

  • Menurunkan Depresi Pada Tubuh
    petai juga mampu menurunkan depresi pada tubuh, petai ini mempunyai kandungan zat triptopan. Zat ini adalah asam amino yang ditemui di makanan yang mengandung protein yang tinggi. Dan zat triptofan yang masuk di dalam tubuhdan membentuk molekul 5 Hydrotritopan (5HTP) yang berguna menghasilkan hormon melatonin dan seratonin.
    Hormon melatonin berguna mengatur siklus tubuh di saat tidur sehingga tubuh bisa tertidur dengan tenang dan juga bangunnya dalam keadaan segar. Sementara hormon serotonin ini yang akan memberikan rasa tenang, rasa rileks, rasa gelisah, mengurangi rasa cemas, dan juga memberikan efek bahagia.
  • Mengatasi Anemia
    Anemia adalah penyakit yang dikarenakan oleh kekurangan sel darah merah yang ada di dalam tubuh tak bisa berproses dengan baik, sampai organ tubuh tidak mempunyai cukup oksigen. Dan ini yang mengakibatkantubuh kalian cepat merasa lelah, lemas, pucat, dan pusing.
    Kekurangan sel darah merah bisa dikarenakan oleh kekurangan asupan zat besi, petai merupakan makanan yang mempunyai kandungan zat besi yang tinggi.
    Zat besi adalah mineral yang bisa membentuk hemoglobin saat ada di dalam tubuh. Hemoglobin tersebut dapat mengikat oksigen dan juga mengedarkannya di seluruh organ tubuh.
  • Melawan Bakteri Jahat Dan Sebagai Anti Oksidan
    Petai memiliki kandungan senyawa flavonoid. Flavonoid adalah senyawa bioktif dan tanaman yang berguna sebagai antioksidan. Dan dlavonoid bisa digunakan buat memperbaiki sel-sel tubuh dan telah rusak dikarenakan radikal bebas sampai mengganggu keseimbangan tubuh. Flabonoid ini dapat membantu buat mengurangi resiko asma, penyakit jantung, dan stroke.
    Selain itu, dalam petai ada zat hexathionine dan thrithiolane menjadi anti bakteri hingga bisa mengatasi bakteri jahat yang telah menyerang tubuh. Zat hexathionine dan thrithiolane yang menyebabkan petai mempunyai bau yang sangat menyengat.

ternyata banyak juga manfaat yang dapat kalian dapatkan dari petai. Walaupun mempunyai bau yang menyengat dan setelah mengkonsumsinya, kalian dapat rutin mengkonsumsi petai untuk mendapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *