Tips Memulihkan Tangan Bengkak Setelah Diinfus

Tidak ada satu orang pun yang tidak pernah mengalami yang namanya sakit, karena kata sakit tidak lah mengenal usia dan jenis kelamin, siapa pun pasti bisa mengalaminya, bahkan tidak sedikit yang sakit hingga harus masuk ke rumah sakit.

Mereka yang sakit dan harus diopname di rumah sakit biasa pasti di infus, dengan tujuan agar badan lebih cepat untuk sehat kembali. area infus biasanya kalau tidak tangan kiri ya sebaliknya. Kemudian yang namanya infus pastinya tangan anda di cucuk dengan jarum yang lumayan panjang untuk mengalirkan air infus ke dalam darah.

namun di balik pemasangan infus, memiliki beberapa efek samping dan salah satu yang paling sering terjadi adalah tangan menjadi bengkak dan ini merupakan yang paling banyak di keluhkan mereka yang memasang infus.

Tips mengatasi tangan bengkak setelah diinfus

Saat di infus pastinya orang sangat berhati-hati agar tangan tidak bengkak akibat selang infus yang tertarik, namun jika pembengkakan sudah terjadi maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari penyebab dan solusinya. Namun kami punya beberapa tips sederhana untuk membantu meringankan pembengkakan pada tangan setelah di infus.

1. kompres pakai air hangat atau dingin
Kompres dengan air hangat dapat membuat otot menjadi lebih lemas dan aliran darah menuju ke tangan bisa berjalan lebih lancar, sedangkan kompres menggunakan air dingin untuk membantu meringankan rasa nyeri karena pembengkakan.

Kompres lah dengan menggunakan handuk yang berbahan lembut, karena jika anda kompres dengan menggunakan plastik yang di isi dengan air panas atau dingin kulit anda langsung bersentuhan langsung dan malah akan membuat anda merasa tambah sakit. kompreslah sekitar 20 menit dan beri jeda waktu untuk kompres kembali.

2. Mengangkat tangan yang bengkak
Tips kedua ini cukup ampuh untuk memulihkan tangan yang bengkak, angkatlah tangan ke posisi lebih tinggi dari jantung anda, tahan hingga 30 menit, ulangi beberapa kali sehari dan lakukan secara rutin.

Anda juga bisa melakukannya saat anda sedang berbaring atau tidur, taruhlah bantal di samping dan letakkan tangan anda di atas bantal, cara ini untuk meningkatkan aliran darah anda menuju jantung sehingga pembengkakan bisa berkurang. Kemudian pastikan kondisi tangan anda tetap bersih, biasa nya pembengkakan akan pulih dalam beberapa hari.

3. Perengangan tangan dan pergelangan
Kondisi seperti cairan tubuh yang berkumpul pada tangan memang tidak di alami semua orang, namun hal ini bisa saja terjadi pada anda dan membuat bengkak pada tangan menjadi lebih parah. Lakukan lah perengangan tangan dan pergelangan untuk melancarkan sirkulasi cairan pada tangan agar pembengkakan cepat pulih kembali, gerakan lah secara perlahan agar tidak menimbulkan rasa sakit pada tangan yang bengkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *